Teknik Renang Gaya Bebas

281 views

liwil.net – Teknik Renang Gaya Bebas, Teknik Renang Gaya Bebas

Teknik Renang Gaya Bebas

Mengenal Teknik Renang Gaya Bebas 
teknik renang gaya bebas

Seperti kebanyakan orang tahu, teknik renang gaya bebas adalah teknik renang dengan stroke (kayuhan tangan) tercepat, stroke paling efisien, karena tubuh mempertahankan posisi streamline dengan lengan dan kaki yang mampu menghasilkan kekuatan pendorong yang konstan. Lengan melakukan tindakan bolak sedangkan kaki melakukan gerakan mengibaskan naik turun terus menerus.

Berikut adalah gerakan yang benar dalam mempraktekkan teknik renang gaya bebas :

Read More

  • Posisi Tubuh

Posisi tubuh perlu dirampingkan dan terus ' streamline ' dengan lengan memanjang di atas kepala untuk memperpanjang tubuh lebih jauh. Bagian belakang dan kaki yang tetap lurus kecuali saat tendangan flutter.

  • Posisi Kepala

Garis air harus bertemu di atas kepala dan kepala harus tetap turun di setiap saat. Mata harus melihat ke dasar kolam dan tidak maju. Melakukan hal ini akan menjaga tubuh ramping dan mengurangi resistensi frontal. Jika kepala adalah melihat ke depan, kaki, pinggul dan dada akan tenggelam, meningkatkan resistensi frontal.

  • Body roll

Body roll dimulai dengan tindakan lengan. Seluruh tubuh berputar sepanjang sumbu panjang ketika tangan memasuki air di depan kepala. Tindakan bergulir meningkatkan kekuatan stroke dengan menggunakan inti (perut) otot ke stroke. Pinggul dan bahu harus tetap sejalan saat tubuh berputar. Teknik renang gaya bebas dianggap sebagai teknik berenang dengan bergantian dari sisi ke sisi, tidak berenang di depan Anda.

  • Hand Entry (posisi tangan)

Tangan harus dimasukkan ke air tepat di posisi depan kepala dan antara garis tengah tubuh dan garis paralel dari bahu. Bagian pertama dari lengan untuk masuk harus menjadi ujung jari, dan siku harus tetap lebih tinggi dari lengan bawah dan tangan. Lengan bawah harus sekitar 30 derajat dengan air. Lengan harus sekitar 2/3 diperpanjang ketika tangan memasuki air. Sisa ekstensi terjadi setelah air masuk.

Tangan harus terus menyapu ke bawah menuju garis tengah tubuh dan kemudian ke atas dan dekat dengan dada bagian bawah. Tangan harus mempercepat seluruh seluruh fase tarik untuk mendapatkan kecepatan maksimum.

Tahap terakhir adalah pendorong menyapu tangan ke belakang, ke atas dan keluar.

  • Posisi Kaki

Posisi Kaki dimulai dari pinggul dan otot-otot kaki bagian atas. Kaki tetap terutama sejalan dengan tubuh dengan pergelangan kaki tertekuk tapi santai sehingga jempol kaki pada setiap kaki harus berubah terhadap satu sama lain. Fleksibilitas dan kaki longgar dan pergelangan kaki adalah cara terbaik untuk teknik menendang mudah dan efisien.

Ada dua kecepatan menendang dikenal sebagai enam-beat dan tendangan dua-beat. Tendangan enam-beat adalah ketika perenang melakukan tiga denyut per langkah ke bawah lengan. Tendangan Dua-beat adalah ketika perenang melakukan satu ketuk ke bawah per langkah lengan. Kedua tendangan yang menguntungkan di kanan mereka sendiri. Tendangan enam-beat memberikan kecepatan lebih sementara tendangan dua-beat yang lebih hemat energi dan lebih baik untuk jarak yang lebih jauh.

  • Pernafasan

Pernapasan harus menjadi bagian dari body roll. Wajah harus berbelok dengan tubuh dan bernapas ketika tangan berlawanan memasuki air. Nafas ketika tangan ini mendorong kembali dan lengan yang berlawanan Anda sudah mulai pulih. Wajah harus kembali menjadi air sementara lengan pemulihan bergerak melewati wajah.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Teknik Renang Gaya Bebas, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Teknik Renang Gaya Bebas berguna untuk anda.