Sejarah Logo Manchester United

347 views

Newcute.Net – Sejarah Logo Manchester United, Sejarah Logo Manchester United

Sejarah Logo Manchester United







Gambar 1 :

Dalam logo ini, gambar yang ditonjolkan adalah binatang. Binatang tersebut berada disisi kiri dan kanan. Berdasarkan sejarah, kedua binatang yang tertera di logo tersebut adalah seekor singa dan seekor binatang mirip kuda. Maksud dari gambar kedua binatang tersebut kurang lebihnya Manchester United dapat bermain cepat seperti larinya kuda dan garang seperti singa. Tujuan utama tentunya meraih kemenangan. Gambar perahu sudah ada dalam logo generasi pertama yang menandakan bahwa Manchester United terletak di sebuah kota pelabuhan.

Gambar 2 :

Dalam logo ini, masih tetap menonjolkan gambar binatang. Hanya saja ada sedikit penambahan pada ornamennya. Itu di maksud untuk menambah keindahan dan daya tarik. Gambar perahu masih tetap ada. Tulisan latin yang berbunyi “ Concillo et Labore “ lebih ditekankan. Dalam bahasa Inggris, tulisan tersebut merupakan “ Wisdom and effort “ artinya Kebijaksanaan dan Usaha.
Maksudnya, klub tersebut diharapkan dalam mencapai segala usaha untuk kejayaan klub di lakukan dengan cara bijaksana. Logo ini merupakan logo lama dan diperkenalkan pada era 1940an

Gambar 3 :

Di era ini, logo telah berubah secara drastis. Gambar dua binatang yang ada di logo lama kini tidak ada lagi. Logo ini lebih sederhana dan warna merah yang merupakan warna dominan Manchester United lebih ditonjolkan. Satu lagi gambar perahu masih tetap ada. Dan itu tak akan pernah dihilangkan sampai kapanpun. Itu merupakan rasa cinta terhadap daerahnya. Gambar logo di buat lebih modern dan tidak ada bentuk aneh dan rumit pada logo sebelumnya. Tulisanpun telah di ganti dengan nama club Manchester United Football Club. Ini mengindikasikan bahwa Manchester United telah menjadi klub profesional. Logo ini diperkenalkan di era 1950an sampai 1960an

Gambar 4 :

Di era Sir Matt Busby, manchester United mendapat julukan “The Red Devils” alias setan merah. Julukan ini melekat bukan tanpa sebab, melainkan berdasarkan fakta di lapangan. Saat itu Manchester United merupakan tim yang permainannya paling jago. Ciri khasnya adalah garang dan kemenangan selalu diraih. Bukan hanya itu saja, Manchester United juga sering meraih gelar juara baik di piala FA maupun di Liga Inggris.
Maka, pantas julukan setan merah melekat di Manchester United. Untuk lebih menguatkan julukan tersebut, gambar setan mulai terpampang di logo Manchester United. Gambar Setan dengan memegang trisula tersebut terpampang di tengah logo. Era tersebut disebut era kedatangan Red Devils, dan itu terjadi pada tahun 1973-1988. Tulisan yang tertera berbunyi Manchester United Football Club masih sama dengan era sebelumnya.

nah ni ada cerita Kenapa sih Manchester United dijuluki Setan Merah..??

Jika ditelusuri dari awal, julukan Manchester United sejak era Newton Heath selalu berhubungan dengan sesuatu yang seram. Julukan Newton Heath adalah The Heathen yang secara literer berarti Kuburan.
Adalah Sir Matthew Busby yang mengusulkan penggunaan logo devil di crest United. Logo itu diperoleh dari klub rugby Salford yang berkostum merah dengan lambang Devil sebagai crest nya. Sir Matthew merasa julukan Setan Merah lebih terdengar garang ketimbang Angelic Babes yang sempat dijadikan julukan United pasca tragedi Munich. Pada tahun 1970 crest United berganti dengan tambahan logo setan di bagian tengah.
Dengan permainan hebat, ditambah legenda Tragedi Munich dan logo setan sebagai crest, maka pelan tapi pasti julukan Unitedpun berubah menjadi Setan Merah.


Gambar 5 :

Ini merupakan perubahan logo Manchester United yang terakhir. Logo ini memang sengaja diperkenalkan karena Manchester United telah berbentuk Plc atau sudah menjadi perusahaan go public. Dalam hal ini, orang luar boleh membeli saham Manchester United dan turut dalam jajaran kepemilikan Mancheste United.
Manchester United sendiri terdaftar go public sejak 1991.
Logo anyar ini baru diperkenalkan pada tahun 1998. Bedanya tidak mencolok. Ciri khas Manchester United dengan gambar perahu tetap ada. Warna dominan masih merah dan gambar setan juga terpampang dengan jelas. Perubahan yang terjadi hanya pada tulisan. Yang sebelumnya tertulis Manchester United Football Club, kini berganti Manchester United saja. Logo tersebut lebih sederhana dan gampang dikenali. Logo tersebut masih tetap digunakan sampai sekarang walaupun Manchester United tidak lagi berbentuk Plc.

Arti Kapal Yang Terdapat Di Logo Manchester United

Logo Manchester United memang paling tidak sudah berganti tiga kali sejak tahun 1960-an. Uniknya, dari semua logo itu, selalu ada gambar kapal di bagian puncaknya. Gambar kapal dengan empat layar itu menggambarkan Kanal Manchester, jalan air yang dibangun untuk membebaskan kota Manchester dari ketergantungan pada pelabuhan Liverpool.Sejak pertengahan abad ke-19, Manchester tumbuh pesat sebagai kota industri. Populasinya melonjak dari 322.000 jiwa pada 1801 menjadi lebih dari sejuta jiwa dalam 50 tahun. Perkembangan pesat Manchester tidak hanya disokong oleh industri katun Lancashire, tapi juga perkembangan industri manufaktur, permesinan dan tekstil.
Tak punya pelabuhan laut membuat aktivitas ekspor-impor Manchester harus dialirkan melalui rel kereta api atau jalan darat menuju pelabuhan Liverpool. Kota Manchester akhirnya memutuskan untuk membangun sendiri dermaga yang punya akses langsung ke laut. Maka, pada tahun 1887 hingga 1894 dengan biaya mencapai 15 juta poundsterling, dibangunlah Kanal Manchester yang panjangnya mencapai 58 kilometer.
Sejak saat itu, penduduk Manchester merasakan kemakmuran karna dibangunya dermaga dan kanal tersebut. Bahkan, sejak saat itu pula lambang dewan kota Manchester diubah, ditambahi kapal layar megah yang sedang melaju di Kanal Manchester. Lambang klub sepak bola Manchester United pun yang dihiasi kapal berlayar empat hampir dipastikan terinspirasi oleh kejayaan kota manchester yang berubah menjadi kota yang maju sejak dibukanya kanal dan dermaga di kota tersebut.
Note,dieza balcazar
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Sejarah Logo Manchester United, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Sejarah Logo Manchester United berguna untuk anda.

Leave a reply "Sejarah Logo Manchester United"