Pentingnya Olahraga

245 views

liwil.net – Pentingnya Olahraga, Pentingnya Olahraga

Pentingnya Olahraga

Pentingnya Studi Olahraga

Banyak manfaat yang bisa diambil dari studi-studi mengenai olahraga dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial. Manfaat ini di satu pihak adalah untuk kepentingan perkembangan teori-teori ilmu-ilmu social dan dipihak lain adalah untuk kepentingan praktis (Lueschen, 1997). Didalam kegiatan-kegiatan olahraga dimana komplik-komplik yang teratur, ketaatan para pemain did dalam pertandingan untuk mengikuti peraturan-peraturan yang ada yang disertai dengan suatu sistim kontrol atas ketaatan tersebut, dan serangkaian tingka laku para penonton, yang merupakan suatu ciri-ciri yang khusus ada didalam suatu pertandingan olahraga dapat merupakan suatu studi yang amat banyak gunanya. Karena, teori-teori yang didapat atau yang bisa dikembangkan dari studi ini dapat digunakan untuk memahami berbagai gejala-gejala dan proses-proses sosial yang terdapat didalam masyarakat yang kira-kira bersamaan dengan gejala-gejala dan proses-proses yang terdapat didalam suatu pertandingan olahraga. Pengetahuan teori tentang olahraga dari pendekatan-pendekatan ilmu-ilmu social bisa digunakan untuk menganalisa gejala-gejala dan proses-proses social yang ada, mentest suatu teori yang dapat dipakai sebagai pegangan didalam menganalisa proses-proses social lainya.
Read More

Disamping itu, suatu studi yang mendalam mengenai olahraga dengan menggunakan pendekatan ilmu ilmu sosial dapat menghasilkan keterangan keterangan yang berguna dapat digunakan untuk menyusun serangkaian cara cara yang terbaik didalam memberikan petunjuk petunjuk atau coaching kepada para olahragawan dan juga kepada murid murid disekolah sekolah sehingga hasil yang sebaik baiknya dari prestasi olahragawan dapat dicapai.Juga, dari hasil hasil penelitian ini, pelatih pelatih dan para guru olahraga dapat memanfaatkannya dengan mempelajarinya dan menggunakan hasil hasil penelitian dalam menyusun strategi yang sebaik baiknya didalam memperlakukan para olahragawan yang berada dalam asuhannya, baik didalam latihan latihan maupun didalam menghadapi dan selama pertandingan pertandingan (Grusky 1993)

Dalam suatu masyarakat yang modern, dimana olahraga menjadi suatu pranata yang berdiri sendiri tetapi berkaitan dengan berbagai pranatapranta yang ada dalam masyarakat tersebut, penelitian mengenai olahraga yang dilakukan oleh berbagai ilmu sosial, akan banyak gunanya baik bagi pemerintah,pengusaha, pengurus olahraga, olahragawan dan umum yang melihat olahraga sebagai salah satu bentuk hiburan.Suatu penelitian yang baik yang menggunakan suatu kerangka teori yang dapat dipertanggung jawabkan secara alamiah, akan selalu dapat menghasilkan data yang baik yang dapatdipertanggung jawabkan.

Data yang didapat akan bisa digunakan untuk membuat rencana rencana dan pengaturan pengaturan serta kegiatan kegiatan olahraga, yaitu pengaturan penagturan latihan,pertandingan pertandingan, manajmen perkumpulan perkumpulan olharaga dan pertandingan pertandingan, sehingga pertandinagn pertandingan pertandingan olahraga bisa memuaskan para penonton yang telah menyaksikannya sebagai suatu hiburan bagi mereka dan yang telah mengeluarkan uang untuk itu, juga memuaskan bagi para pengurus olahraga yang telah mendapat keuntungan dari kelancaran masuknya uang dan pendistribusiannya, para pengusaha yang puas karena para penonton pertandingan telah menggunakan dan membayar jasa-jasa dan pelayanan yang telah mereka berikan dan bagi olahragawan sendiri maka dengan masuknya keuntungan-keuntungan yang cukup ketangan para pengurus olahraga fasilitas-fasilitas sosial dan keolahragaan mereka menjadi lebih terjamin. Sedangkan bagi pemerintah, bila keuangan dari perkumpulan- perkumpulan olahraga baik yang bertingkat nasional maupun yang lokal ada dalam keadaan mencukupi maka beban-beban keuangan yang biasanya lalu menjadi tanggung jawab pemerintah bisa dihindarkan. Bahkan sebaliknya, dari pajak tontonan yang masuk kas Negara menjadi lebih diuntungkan.

Di Indonesia, dimana terdapat berbagai macam olahraga yang dapat dogolongkan sebagai olahraga tradisional asli Indonesia dan olahraga baru yang telah dimasukkan dan dikembangkan did Indonesia, suatu penelitian tingkat pertama mengenai olahraga yaitu yang berusaha untuk mengidentifikasikan berbagai olahraga yang sekarang ada di Indonesia perlu untuk segera diadakan. Hal ini disebabkan, karena masyarakat Indonesia dewasa ini sedang berada dalam suatu proses sosial budaya, yang perubahan mana dimana yang dekat ini bisa menyebabkan tidak berfungsinya lagi dalam suatu sistim sosial budaya yang telah berobah dapat diusahakan untuk dibuat sedemikian rupa sehingga bisa sesuai dengan system sosial budaya yang mungkin penting karena ada hubungannya dengan sosialisasi anak. Karena, olahraga itu dapat menjadi suatu alat yang penting bagi sosialisasi (Piaget, 1995).

Lebih lanjut, penelitian olahraga dengan menggunakan pendekatan ilmu-ilmu sosial belum berkembang di Indonesia. Sedangkan penelitian yang dengan menggunakan pendekatan bio-medical baru mulai dikembangkan. Menurut hemat penulis, untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin dari suatu penelitian mengenai olahraga maka tidak ada salahnya kalau diwaktu-waktu yang akan datang diadakan suatu penelitian yang mengikut sertakan ahli-ahli dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik dengan cara menggunakan pendekatan bio-medical maupun dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial. Mungkin suatu penelitian antar bidang mengenai suatu masalah olahraga akan juga tidak hanya menambah pengetahuan teoritis dan kegunaan praktis dari hasil penelitian yang diperoleh tetapi juga suatu tradisi untuk menggalang suatu kerjasama ahli-ahli dari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda-beda didalam melakukan penelitian, menganalisa dan memecahkan masalah–masalah yang penting yang dihadapi.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pentingnya Olahraga, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pentingnya Olahraga berguna untuk anda.