Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia

279 views

liwil.net – Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia, Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia

Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia

Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia – Bola Voli Adalah Suatu Olahraga yang termasuk dalam Olahraga permainan Bola Besar. Bola Voli merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh dua Grup, setiap grup terdiri dari enam orang pemain utama.
Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia

Bola Volley juga mempunyai arti yaitu suatu cabang olahraga yang berbentuk mem-volley bola di udara hilir mudik di atas net atau jaring, hal ini dimaksudkan dengan tujuan dapat menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Mem-volley dan memantulkan bola ke udara dapat menggunakan bagian tubuh mana saja namun pantulannya harus sempurna.

Sejarah Bola Voli di Dunia & di Indonesia :

Sejarah Bola Voli ini berawal dari aktivitas rekreasi yang dilakukan oleh para usahawan, usahawan ini memainkan bola voli setiap kali rekreasi. Namun, permainan bolavoli menjadi lebih berkembang dan lebih populer pada daerah pariwisata dan kemudian bola voli juga dilakukan di lapangan terbuka, yang lebih tepatnya adalah di wilayah Amerika Serikat saat musim panas datang.

Setelah populer di Amerika Serikat, kemudian Bola Voli berkembang di Kanada. Sebelum dinamai Bola Voli, permainan ini diberi sebutan dengan nama Mintonette. Permainan ini untuk pertama kali ditemukan oleh Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang mempunyai nama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (AS).

William G. Morgan merupakan seorang pemuda yang lahir di Lockport, New York 1870, dan Dia meninggal tahun 1942. YMCA adalah singkatan dari Young Men’s Christian Association, YMCA adalah sebuah organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk mengajarkan ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda. Lewat gerakan internasional tersebut bola voli semakin meluas ke beberapa negara lain di Dunia, seperti di Kuba pada tahun 1905, kemudian di Puerto Rico tahun 1909, Uruguay pada tahun 1912, dan juga berkembang di Negara Cina serta Jepang pada tahun 1913.

Di Indonesia permainan Bola Voli berkembang dengan secara pesat diseluruh lapisan masyarakat, hal ini membuat banyak klub – klub besar bermunculan di beberapa kota di Indonesia. Karena alasan tersebut, maka pada 22 Januari 1945 di Jakarta pemerintah membentuk Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia atau yang biasa disingkat dengan PBVSI. Pembentukan PBVSI ini dibarengi dengan adanya kejuaraan tingkat Nasional pertama.

Pertandingan Bola Voli secara resmi masuk PON I saat dilaksanakan di Yogyakarta dan PON ke-2 di Jakarta. Setelah tahun 1962 permainan Bola Voli ini berkembang sangat pesat di Indonesia, dari anak – anak hingga orang dewasa bermain Bola Voli. Untuk Liga Profesional Bola Voli di Indonesia adalah Pro Liga, kejuaraan ini diikuti banyak klub besar dari beberapa kota di Indonesia.

Demikian Artikel tentang Pengertian & Sejarah Bola Voli di Indonesia dan di Dunia, semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang permainan Bola Voli.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia berguna untuk anda.

Leave a reply "Pengertian Sejarah Bola Voli di Indonesia & di Dunia"