Menilik Kelebihan dan Harga Printer Laser

140 views

Perangkat komputer sering digunakan untuk melakukan kerja dimana banyak diantaranya memerlukan keluaran yang berupa teks ataupun gambar. Keluaran tersebut bisa ditampilkan di layar monitor ataupun dengan cara dicetak di selembar kertas. Namun mesin komputer sendiri tidak dapat menampilkan hasil cetakan dan memerlukan perangkat lainnya untuk dapat menghasilkan keluaran tersebut. Perangkat yang dibutuhkan adalah sebuah printer baik printer warna atau hitam. Dahulu penggunaan printer masih terbilang mewah dengan kecepatan cetak yang memakan waktu beberapa detik per lembar. Namun kini dengan adanya printer laser, kebutuhan mencetak kertas untuk jumlah yang banyak menjadi sangat cepat. Harga printer laser sendiri memang terbilang jauh lebih mahal karena memiliki beberapa kelebihan dibanding printer sebelumnya.

3135897_65475aa3-0c4b-48cb-9b8b-c9ff091c4b6c

Sebelum membahas mengenai kelebihan printer laser, terlebih dahulu kita akan membicarakan mengenai printer inkjet yang menjadi printer pembanding printer laser ini. Pada printer inkjet terdapat cartridge yang digunakan sebagai pena untuk menghasilkan tulisan dalam cetakan. Cartridge tersebut kini sudah banyak diganti dengan metode infus sehingga printer dapat mengisi secara otomatis ketika cartridge di dalam printer kehabisan tinta. Printer inkjet memiliki kecepatan mencetak yang cukup cepat hingga 10 ipm atau image per minute. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor terutama kualitas warna dan ukuran kertas. Untuk kecepatan mencetak teks maka printer inkjet memiliki kecepatan hingga 24 lembar per menit.

Dibandingkan dengan penggunaan printer inkjet di atas, printer laser pastinya memiliki kelebihan yang jauh lebih hebat. Printer laser dapat menghasilkan gambar atau foto 24 halaman per menitnya. Jauh dari pencapaian mesin printer inkjet. Selain untuk kualitas gambar, printer laser mampu mencetak teks hingga 60 ppm. Kelebihan dan keunggulan printer laser ini membuat harga printer laser jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer inkjet. Jika saat ini harga inkjet printer berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp. 1,5 juta maka harga untuk printer laser bisa mencapai Rp. 600.000 hingga Rp.15 jutaan.

Mahalnya harga untuk laser printer memang menjadikan masyarakat masih enggan memilikinya. Namun untuk skala percetakan usaha atau bisnis maka dengan harga tersebut banyak manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

  • Kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Hemat tinta atau toner.
  • Menghemat tenaga karena tidak perlu operator untuk menghasilkan salinan sebuah dokumen dalam jumlah banyak.
  • Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan usaha.
  • Dapat mencetak untuk ukuran kertas yang lebih beragam.

Jika Anda memiliki usaha di bidang percetakan atau semacamnya, maka memilih untuk menggunakan printer laser akan membawa keuntungan dibandingkan jika Anda menggunakan printer inkjet. Meski harga laser printer jauh lebih mahal, namun banyak biaya yang dapat Anda hemat termasuk biaya perawatan. Printer inkjet seperti yang telah diketahui akan memerlukan biaya perawatan lebih besar apalagi jika Anda menginfuskan printer tersebut.

Dengan harga printer laser yang lebih mahal, akan banyak biaya lain yang dapat Anda hemat. Namun bukan berarti printer laser tidak memiliki kekurangan. Dari berbagai pengalaman, printer laser kurang cocok untuk digunakan sebagai printer warna karena hasilnya tidak sejelas printer inkjet untuk mencetak foto atau gambar. Hal ini berkaitan dengan cara kerja printer laser yang lebih mirip mesin fotokopi sehingga untuk kerapatan warnanya kurang diperhatikan. Namun seiring berjalannya waktu, hal ini pasti akan memiliki penyelesaiannya meskipun akan mengakibatkan harga laser printer warna menjadi lebih mahal.