Joran Pancing, Modal Penting Demi Kesuksesan Memancing

1101 views

Memancing belakangan ini banyak dilakukan sebagai salah satu hobi. Bukan hanya para pria saja yang menyukainya, namun terbukti banyak juga wanita yang hobi dengan aktivitas yang satu ini. Meski memang hobi memancing ini jika diseriusi bukan merupakan hobi yang murah, namun ternyata tidak menyurutkan minat para penyukanya. Selain senar dan umpan, setiap pemancing membutuhkan joran pancing sebagai alat memancingnya.

Alat-Pancing

Saat ini sudah banyak sekali jenis joran yang tersedia untuk memancing dengan karakter dan ukuran berbeda sesuai dengan kondisi medan perairannya. Terdapat joran khusus jika Anda ingin memancing di air tawar, atau air laut yang mengharuskan para pemancing lebih cerdas dalam memilih joran untuk memancing. Dengan adanya fungsi vital yang dimilikinya, tak heran jika pemilihan joran menjadi salah satu bagian terpenting untuk para pemancing. Untuk memberikan Anda pemahaman lebih, maka berikut ini beberapa jenis joran untuk memancing sesuai kegunaannya:

  1. Joran spinning

Yang pertama ada joran spinning dimana merupakan jenis joran dengan penggunaan rel spinning. Mayoritas jenis joran ini dipakai ketika memakai teknik casting dengan akurasi serta jauh lontaran yang cocok digunakan dalam teknik di lautan. Penggunaan joran ini lebih cocok ketika dipakai untuk memancing ikan besar di lautan seperti barakuda, kerapu dan lainnya.

2. Joran baitcasting

Jenis yang kedua adalah joran pancing yang cocok dipakai ketika Anda akan memancing di tempat sempit dan sulit seperti sungai atau rawa. Namun untuk penggunaannya, jenis yang satu ini memang agak menyulitkan karena butuh akurasi tepat. Cara pelemparannya pun berbeda dimana harus dilempar ke arah samping depan, bukannya belakang ke atas. Pemakaiannya secara umum dipakai untuk memancing ikan gabus, lele atau ikan predator jenis lainnya.

      3. Joran surf casting

Untuk yang hobi memancing di pinggiran laut atau pantai, sebaiknya memilih joran dengan jenis surf casting ini. Biasanya jenis joran ini banyak dipakai para pemancing profesional dengan lokasi tebing pinggiran laut. Untuk mendukung pemakaiannya, ada baiknya memilih reel besar sehingga bisa menampung senar panjang.

4. Joran popping

Joran popping ini lebih cocok dipakai oleh para pemancing yang suka memakai umpan buatan dengan bahan kayu atau plastik. Meski bentuknya terlihat tidak spesial, namun joran jenis ini cukup ringan dan kuat digunakan ketika mengangkat beban hingga 50 kg. Bahan pembuatan untuk joran ini adalah carbon composite sehingga kuat serta kokoh.

5. Joran jigging

Bagi Anda pemancing yang suka menggunakan teknik jigging, dimana memakai umpan jenis metal jig, maka sangat disarankan untuk menggunakan joran jigging. Biasanya untuk teknik yang dipergunakan adalah dengan cara menarik random sehingga menimbulkan reaksi seolah umpan ikannya akan naik ke permukaan. Dengan bahan yang cukup kuat, akan membuat joran ini kokoh ketika dipakai memancing.

Itulah beberapa jenis joran pancing yang paling banyak dipakai oleh para pemancing. Bahan pembuatan joran pun sangat beragam mulai dari graphite yang lebih mudah patah, fiberglass yang lebih kuat dan kokoh sehingga cocok dipergunakan untuk memancing di laut lepas hingga bahan komposit yang merupakan campuran fiberglass dan graphite sehingga kekuatannya tidak bisa diragukan namun tetap lentur dan ringan. Biasanya harga joran sendiri beragam berdasar bahan pembuatan dan jenisnya, namun untuk yang termahal biasanya yang terbuat dari bahan komposit.

 

Leave a reply "Joran Pancing, Modal Penting Demi Kesuksesan Memancing"