8 Tips Beli Rumah Bekas agar Aman dan Menguntungkan

247 views

Siapa yang tak ingin memiliki rumah untuk tempat tinggal? Dibanding mengontrak, tinggal di hunian milik sendiri itu jauh lebih nyaman dan aman. Beban pikiran pun berkurang. Tak masalah apakah hunian tersebut baru ataupun bekas. Bila Anda memilih membeli hunian bekas untuk dijadikan tempat tinggal, sebaiknya Anda menerapkan 9 tips yang ada di bawah ini.

Rumah-Idaman-Bandar-Lampung-Indonesia

Dengan menerapkannya, Anda bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari. Misalnya saja kerusakan dan berbagai hal lainnya. Namun, Anda perlu ingat, pada dasarnya membeli hunian bekas itu tidaklah sulit. Asal Anda teliti, Anda bisa mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan harapan.

1. Punya Gambaran Rumah Idaman
Tak hanya membangun hunian baru, membeli hunian bekas juga harus memiliki gambaran idaman. Ini akan jadi patokan dan tolak ukur Anda ketika akan melakukan transaksi jual-beli. Bila biasa membangun hunian sendiri Anda bisa bebas memilih seperti apa hunian tersebut akan dibangun, di rumah bekas tidak.

Namun, Anda bisa menentukan di mana hunian tersebut didirikan. Misalnya saja di wilayah strategis, situasi di sekitar rumah yang kondusif sehingga Anda lebih aman dan merasa nyaman atas kapasitas hunian tersebut. Tak masalah mau model seperti apa, asal memenuhi kriteria tersebut, Anda bisa mengambilnya, kan?

2. Akses yang Mudah
Akses yang mudah ini sebenarnya masuk dalam gambaran rumah idaman juga. Seperti halnya tempat yang strategis. Hunian yang memiliki akses yang mudah biasanya berada di perkotaan ataupun dekat dengan akses transportasi. Akses yang mudah ini akan membuat Anda jauh lebih mudah menjangkau berbagai tempat yang Anda ingin dikunjungi.

3. Bebas dari Bencana Alam
Tips berikutnya yang bisa Anda perhatikan saat memilih rumah bekas adalah pastikan rumah tersebut bebas dari bencana alam atau minimal pilihlah yang bebas dari potensi banjir. Siapa sih, yang ingin rumahnya selalu terkena banjir saat musim hujan? Siapa yang ingin tinggal di tempat yang rawan longsor? Sepertinya tidak ada, kan? Anda juga tidak. Makanya, pastikan hunian tersebut bebas dari risiko bencana alam dengan berbagai cara.

4. Ketersediaan Air Bersih
Selain memastikan bebas dari bencana alam, Anda juga harus memastikan hunian yang Anda pilih memiliki ketersediaan air bersih yang memadai. Bila menggunakan sumur, pastikan sumurnya tidak kering. Bila PDAM, pastikan airnya lancar. Air bersih merupakan kebutuhan wajib setiap orang. Makanya, saat membeli hunian, ini juga harus diperhatikan.

5. Tidak Ada Tanggungan Tertinggal
Tips berikutnya yang harus Anda lakukan saat membeli hunian bekas adalah memastikan tidak ada tanggungan tertinggal. Kadangkala, ada pemilik hunian sebelumnya yang nakal. Mereka membiarkan beberapa tagihan tidak terbayarkan dan membiarkan penghuni baru menanggungnya. Anda harus memastikan ini tidak terjadi. Jelilah sebelum memutuskan.

6. Kelengkapan Surat-Surat
Lalu, Anda juga harus memastikan bahwa hunian yang akan Anda beli memiliki kelengkapan surat-surat yang menjadi legalitas hunian tersebut. Surat-surat tersebut meliputi SHM (Surat Hak Milik), IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan sertifikat lainnya yang harus Anda cek dengan teliti.

Jangan mau membeli hunian yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat tersebut atau hanya fotokopinya saja. Bisa jadi masalah nantinya bila surat-surat tak lengkap. Anda bisa mendapatkan masalah terkait hak guna dan hak milik bangunan tersebut. Jangan mudah percaya, Anda harus memastikan dan menegaskan mengenai hal ini kepada penghuni lama.

7. Lakukan Survei
Survei sangat penting untuk mengetahui hunian yang akan Anda jadikan tempat tinggal. Survei ini sebenarnya menyeluruh. Maksudnya, dengan survei ini Anda bisa memastikan banyak hal seperti kondisi di sekitar tempat tinggal yang Anda pilih. Untuk lebih baik, jangan hanya melakukan survei satu kali saja.

Lakukanlah survei berkali-kali agar Anda lebih yakin dengan pilihan Anda. Anda bisa menuliskan berbagai kriteria rumah idaman Anda dalam melakukan survei ini. Ingay, beli hunian itu tidak boleh terburu-buru jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik. Jadi, santai saja!

8. Hubungi Agen
Jika Anda kesulitan mendapatkan hunian seperti yang diinginkan, ada baiknya Anda menghubungi agen penjualan hunian untuk membantu Anda menemukan yang terbaik. Agen akan mencarikan hunian yang Anda inginkan sesuai spesifikasi yang Anda inginkan. Namun, bila menggunakan agen, Anda harus pandai-pandai bernegoisasi.

Sebab, seringkali agen menerapkan harga yang lebih tinggi. Jangan khawatir bila agen tersebut terus mendesak Anda untuk membeli rumah yang Anda inginkan meski harga belum deal. Mereka tak akan masalah selama rumah tersebut belum laku dan tawaran yang Anda berikan tidak terlalu jauh.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan saat membeli rumah bekas. Anda harus benar-benar teliti dalam memilih hunian bekas ini untuk mendapatkan yang terbaik. Nah, bila Anda ingin menggunakan agen untuk mendapatkan hunian yang Anda inginkan, Anda bisa menghubungi www.rumah.com yang menyalurkan berbagai hunian untuk Anda miliki.

Leave a reply "8 Tips Beli Rumah Bekas agar Aman dan Menguntungkan"