5 Langkah Mudah Perawatan Genset Agar Tahan Lama

129 views

Tanpa keberadaan listrik pastinya banyak kegiatan rumah tangga atau bahkan perusahaan besar yang terkendala, bahkan semakin lama pemadaman diberlakukan tentunya akan semakin banyak tingkat kerugian yang didapatkan. Untuk itulah sebagai salah satu sarana dukungan untuk hasilkan listrik. Maka banyak yang menyiapkan genset baik itu untuk kebutuhan rumah tangga atau sebuah bisnis. Dengan adanya genset ini maka tak perlu khawatir lagi jika nantinya terdapat pemadaman listrik. Selain harga yang tergolong murah, maka sebenarnya perawatan genset ini juga tak sulit.

berbagai-merk-genset

Sebagian banyak diantara Anda yang pernah memiliki alat tersebut pastinya sering kali bermasalah akan kerusakan, karena tak terlalu sering digunakan, maka potensi kerusakan juga menjadi kian tinggi. Untuk mencegahnya, maka berikut ini perawatan mudah yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Selalu memastikan kondisi oli mesinnya full, oli merupakan bagian yang sangat penting untuk melumasi mesin sehingga tak mudah berkarat, ketika olinya kering, maka potensi untuk kerusakan juga semakin tinggi, pastikan juga untuk menggunakan oli yang berkualitas.
  2. Letakkan di tempat yang tepat, diantaranya adalah tempat yang memiliki bentuk rata, juga kuat, sehingga ketika dinyalakan nantinya tak akan membuat kinerja mesin terganggu, karena kondisinya yang labil.
  3. Selalu membersihkannya, kebersihan juga menjadi faktor yang menentukan apakah mesin bisa digunakan untuk jangka waktu lama atau tidak, sering-seringlah mengelap bagian permukaan yang berdebu.
  4. Lakukan pemanasan secara berkala, meskipun tak digunakan dengan menyalakan atau memanasinya memberikan manfaat yang sangat baik bagi genset tersebut, karena mesin bisa bekerja secara penuh. Sehingga ketika dibutuhkan nantinya tak ngadat-ngadat saat dipakai. Pemanasan mesin paling tidak harus dilakukan seminggu sekali.
  5. Gunakan sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan, masalah pemakaiannya juga sangat penting diperhatikan, jangan dipakai untuk hal-hal yang memang tak dianjurkan.

Itulah setidaknya service genset yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mencegah terjadinya kerusakan. Genset bisa tahan lebih lama, namun ketika sudah ada indikasi genset bermasalah jangan ragu membawanya ke tempat service terbaik, seperti Sewatama.