4 Penyebab AC Mengeluarkan Suara yang Berisik

465 views

Berada di ruangan yang sejuk dan memiliki kualitas udara yang bersih adalah dambaan setiap orang. Apalagi bagi Anda yang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berada di ruangan tertutup, seperti di ruang kamar atau ruang kantor tempat Anda bekerja. Menggunakan ac adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan suasana nyaman di ruangan yang tertutup rapat.

jasa-service-ac-murah-di-jakarta-barat

Namun, apa jadinya jika ac yang Anda gunakan menghasilkan suara yang berisik? Meski mampu menghasilkan udara yang cukup dingin, suara berisik pada ac pasti turut mempengaruhi kenyamanan Anda saat berada di dalam ruang. Suara berisik mampu mengganggu konsentrasi dalam bekerja dan saat-saat Anda istirahat di dalam kamar. Cukup mengganggu, bukan?

Lalu, apa saja penyebab suara ac yang berisik? Temukan ulasannya dengan membaca artikel ini sampai selesai!

  1. Kotornya daun kipas indoor

Masalah ini muncul karena Anda tidak cukup rajin mencuci ac secara berkala. Daun kipas indoor yang kotor bisa jadi penyebab ac anda mengeluarkan suara berisik. Daun kipas indoor yang kotor akan menyebabkan ketidak-seimbangan pada perputarannya. Ketidak-seimbangan perputaran pada daun kipas akan menyebabkan getaran, lalu menghasilkan suara yanga cukup berisik. Perputaran daun kipas yang normal, akan mengeluarkan suara yang lembut. Sedangkan perputaran yang tidak stabil akan terdengar seperti angin ribut.

  1. Baut AC yang kendor

Baut-baut yang kendor tentu akan turut menghasilkan suara yang cukup berisik saat ac dijalankan. Kendornya baut-baut ac bisa disebabkan karena proses pembongkaran dan pemasangan ac yang tidak tepat. Pemasangan baut yang kurang kuat akan menyebabkan baut tersebut longgar dan mudah lepas. Cara cepat untuk memperbaikinya adalah dengan mengencangkan baut-baut pada instalasi ac di rumah atau kantor Anda.

  1. Dudukan penyangga ac

Memasang ac memang bukan perkara mudah. Ada aspek-aspek lain yang sebenarnya simpel tetapi sering diabaikan oleh pemiliknya. Salah satunya adalah dudukan penyangga ac. Dengan meletakkan dudukan penyangga ac pada tempat yang tidak rata, akan menghasilkan suara ac yang berisik. Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan  memindahkannya ketempat yang lebih rata atau memberikan dudukan baru yang lebih rata sehingga kerja ac tidak lagi menghasilkan suara yang berisik.

  1. Bearing atau klaker kompresor

Suara ac yang berisik juga bisa disebabkan karena bearing atau klaker kompresor yang olinya sudah mulai mongering. Seperti yang kita tahu, oli memiliki fungsi sebagai pelumas saat bearing bekerja. Ketika pelumas pada bearing kipas sudah tidak lagi licin, terjadilah gesekan pada elemen bearing yang lainnya. Hal tersebut tentu bisa menghasilkan suara yang cukup berisik. Cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu memeriksa bearing tersebut. Jika penyebabnya hanya karena butuh pelumas, Anda bisa memberinya tetesan oli. Namun jika bearing tersebut sudah usang, gantilah dengan bearing yang baru.

Keempat masalah ac berisik yang telah kami sebutkan di atas, ada beberapa poin yang bisa Anda perbaiki sendiri. Tetapi pada beberapa kasus, Anda perlu memanggil tukang service ac yang memang sudah berpengalaman di bidang kerusakan ac.

Bagi Anda yang berada di wilayah ibukota, rekomendasi jasa service ac Jakarta Barat ini bisa Anda coba. Memakai tenaga service yang terpercaya tidak ada salahnya. Selain akan membantu Anda memperbaiki kerusakan ac, mempercayakannya pada tukang service ac juga turut meminimalisir kecelakaan kerja yang mungkin saja terjadi jika Anda melakukannya  sendiri.

 

Leave a reply "4 Penyebab AC Mengeluarkan Suara yang Berisik"